Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : 2/1
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Waktu : 2x35 menit
Standar Kompetensi : Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan
Kompetensi Dasar : Mengenal Bagian-bagian Utama Hewan
Indikator :
· Menyebutkan nama-nama hewan
· Menyebutkan bagian-bagian utama hewan
· Menyebutkan fungsi dari setiap bagian hewan
· Menirukan berbagai suara hewan
Tujuan pembelajaran
1. Anak dapat menyebutkan nama-nama hewan
2. Anak dapat menyebutkan bagian-bagian utama hewan
3. Anak dapat menyebutkan fungsi dari setiap bagian utama hewan
4. Anak dapat menirukan suara hewan
Materi Pelajaran
Materi yang akan diajarkan yaitu 3 ekor hewan yaitu:
1. Kucing
Tubuh kucing terdiri atas tiga bagian.
Kepala, badan, dan anggota tubuh.
Pada kepala kucing ada mata, telinga, dan hidung.
Pada kepala kucing juga ada mulut.
Perut merupakan bagian badan kucing.
Anggota tubuh kucing adalah kaki dan ekor.
Kucing memiliki 1 hidung dan 1 mulut.
Cobalah hitung jumlah telinga kucing.
Hitung pula berapa jumlah mata kucing.
Kucing memiliki 4 kaki.
Setiap kaki memiliki 4 jari.
Setiap jari memiliki kuku yang tajam.
Kuku pada kaki kucing berguna untuk mencengkeram mangsa.
Samakah tubuh kucing dengan tubuh manusia?
Tubuh kucing memiliki bagian-bagian utama.
Setiap bagian memiliki kegunaan yang berbeda.
Telinga untuk mendengar
Mata untuk melihat
Perut untuk mencerna makanan
Hidung untuk mencium
Mulut dan gigi untuk mengunyah makanan
Kaki untuk bergerak dan mencengkram
Ekor untuk keseimbangan
2. Ikan
Bagian-bagian utama ikan:
1. Lubang hidung untuk mencium bau
2. Mata untuk melihat
3. Mulut untuk makan
4. Sirip untuk bergerak
5. Perut untuk mengolah makanan
6. Ekor untuk bergerak dan mengubah arah gerakan
Materi akan dikemas dalam bentuk lagu dan bermain peran menirukan suara binatang sebagai berikut:
a. Kemampuan yang akan dikembangkan
· Kemampuan Kognitif
· Kemampuan Sosial
· Kemampuan Motorik
· Kemampuan Bahasa
b. Lagu
Dua Mata Kucing (nada lagu dua mata saya)
Dua mata Kucing,
Hidung Kucing satu.
empat kaki Kucing,
itu untuk berjalan.
Dua telinga kucing,
Yang kiri dan kanan.
Satu mulut Kucing,
itu untuk makan!
Hidung Kucing satu.
empat kaki Kucing,
itu untuk berjalan.
Dua telinga kucing,
Yang kiri dan kanan.
Satu mulut Kucing,
itu untuk makan!
Dua Mata Ikan (nada lagu dua mata saya)
Dua mata ikan,
Hidung ikan satu.
dua sirip ikan,
itu untuk gerak.
satu ekor ikan,
ada di belakang.
Satu mulut Kucing,
itu untuk makan!
Hidung ikan satu.
dua sirip ikan,
itu untuk gerak.
satu ekor ikan,
ada di belakang.
Satu mulut Kucing,
itu untuk makan!
Pa Tarno
Pa Tarno punya kandang besar-besar-besar
Didalamnya ada sapi
Moo moo moooo
Pa Tarno punya kandang besar-besar-besar
Didalamnya ada kambing
Mbee mbee mbeeee
Pa Tarno punya kandang Kecil-kecil-kecil
Didalamnya ada kucing
Meong meong meooong
Pa Tarno punya kandang Kecil-kecil-kecil
Didalamnya ada anjing
Gog gog gooog
c. Cerita
Disebuah desa tinggalah sebuah keluarga. Kita sebut saja keluarga tersebut keluarga Pa Tarno. Pa Tarno tinggal bersama istri yang bernama ibu Aisyah dan 2 orang anak laki-lakinya yang bernama Hasan dan Husein. Hasan dan Husein baru menginjak kelas 2 SD. Dirumahnya, pa Tarno memiliki hewan ternak seperti sapi dan kambing yang diletakkan disebuah kandang yang cukup besar dibelakang rumahnya. Setiap hari sebelum berangkat ke sekolah Hasan dan Husein selalu menyempatkan waktunya membantu ayahnya untuk memberi makan hewan-hewan ternaknya. Selain memiliki hewan ternak, pa Tarno juga memiliki hewan peliharaan lainnya seperti kucing dan anjing. Tak hanya hewan ternaknya saja yang dibuatkan kandang, tapi kedua hewan peliharaannya pun dibuatkan kandang yang berukuran kecil. Selain itu juga Hasan dan Husein senang memelihara ikan hias yang diletakkan disebuah aquarium. Sejak anak-anaknya masih kecil pa tarno sudah menanamkan kepada kedua anaknya yaitu Hasan dan husein untuk menyayangi semua makhluk ciptaan Allah tak terkecuali hewan tersebut. Maka dari itu sampai sekarang Hasan dan Husein selalu merawat dan menyayangi binatang-binatang ternak milik ayahnya dan binatang-binatang peliharaannya.
Sarana dan sumber belajar
1. Boneka Kucing
2. Boneka Ikan
3. Suara Kucing
4. Suara Anjing
5. Suara Kambing
6. Suara Sapi
Pelaksanaan Pembelajaran
- Anak disuruh berdoa, kemudian guru mengecek kehadiran dan mengadakan apersepsi dengan mengkaitkan kehidupan sehari-hari dengan pokok bahasan yang akan dipelajari.
- Guru menyuruh anak (sambil membimbing) untuk berbaris didepan kelas kemudian anak dibimbing untuk menuju taman sekolah
- ketika anak tiba ditaman sekolah, guru menyuruh anak untuk membentuk lingkaran (anak saling berpegangan), setelah itu anak disuruh duduk. Gurupun duduk di salah satu celah lingkaran. Disitu guru menyampaikan materi yang akan dibahas yaitu tentang kucing dan ikan. Setelah selesai materi kucing, agar anak lebih memahami materi tersebut maka materi tentang kucing tersebut dituangkan dalam sebuah lagu yaitu “Dua Mata Kucing”. Sama halnya ketika materi tentang ikan telah selesai disampaikan.
- Setelah itu guru bercerita tentang “Keluarga Pa tarno” dan anak disuruh mendengarkan dan menyimak cerita tersebut. Setelah itu guru bertanya kepada siswa hewan apa saja yang ada dicerita tersebut dan bagaimana suaranya. Setelah itu agar anak lebih memahami cerita ini maka dituangkan kembali dalam lagu “Pa Tarno” sambil anak berdiri menirukan gerakan gurunya.
- Guru mengevaluasi sejauh mana materi yang disampaikan dapat dipahami oleh anak. Dengan cara memberikan pertanyaan kepada anak secara langsung. Setalh itu anak disuruh kembali ke kelas.
- Setelah sampai dikelas pelajaran diakhiri dengan berdoa
0 Komentar:
Posting Komentar