Sindrom Asperger

Sindrom asperger adalah salah satu gangguan pervasive yang ditandai dengan gangguan komunikasi dan sosial tetapi memiliki rata-rata dan bahkan ada yang diatas rata-rata.

Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders edisi ke-IV atau DSM-IV yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association (Frances dkk,1990) bahwa
terdapat beberapa gangguan yang digolongkan dalam gangguan perkembangan pervasif yaitu :
a. Gangguan autisme,
Pada gangguan autisme, anak mengalami gangguan dalam interaksi sosial, komunikasi dan perilaku yang terbatas dan berulang (stereotipik) yang muncul sebelum anak berusia tiga tahun.
b. Autisme tak khas,
Yang termasuk kelompok autisme tak khas misalnya psikosis masa kanak yang tak khas dan retardasi mental dengan gambaran autisme.
c. Sindrom rett,
Sindrom rett merupakan suatu bentuk kelainan progresif yang terjadi pada anak perempuan. Gangguan ini terjadi pada anak usia 7-24 bulan,
di mana sebelumnya anak menunjukkan perkembangan yang normal lalu terjadi kemunduran berupa hilangnya kemampuan gerakan tangan yang bertujuan dan ketrampilan motorik yang terlatih.
Selain itu, anak mengalami kehilangan atau hambatan pada seluruh atau sebagian kemampuan berbahasa, gangguan gerakan seperti mencuci tangan secara berulang dengan infeksi lengan di depan dada atau dagu,
anak mengalami hambatan dalam fungsi mengunyah makanan.
d. Gangguan disintegratif masa kanak lainnya,
Pada gangguan ini, anak mengalami gangguan khas dari fungsi sosial, komunikasi, dan perilaku. Pada beberapa kasus, hilangnya ketrampilan terjadi secara progresif dan menetap.
e. Sindrom asperger,
Pada sindrom asperger ditandai dengan gejala kelainan yang kualitatif sama seperti pada autisme, yaitu berupa kelainan dalam interaksi sosial, minat dan aktivitas anak terbatas dan bersifat berulang.
Anak tidak mengalami keterlambatan perkembangan bahasa dan kognisi, anak memiliki inteligensi normal atau di atas normal.
f. Gangguan perkembangan pervasif lainnya.
Pada gangguan ini, anak mengalami gangguan yang berat dan pervasif pada perilaku anak.

0 Komentar:

Posting Komentar

Tersenyumlah_selalu. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
Seorang perempuan yang menyukai dunia anak-anak ^_^ karena mereka adalah malaikat2 kecil yang unik dan spesial

Followers

Tinggalkan Jejakmu

LINK BLOOFERS

Bloofers Chat

Copyright © 2012 Tersenyumlah SelaluTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.